Tuesday, August 23, 2011

Hello World - Part 1

"Hello World". Dua kata yang menjadi headline blog ini. Dua kata itu mengingatkan saya pada saat pertama kali belajar pemrograman. Di referensi apapun selalu saja "hello world" yang dijadikan contoh. Entahlah, saya juga tidak tau pasti sebabnya. Yaa sudahlah ngapain pusing mikir itu, biarkan saja "hello world" itu tetap menjadi awal dalam belajar pemrograman, hehe.
Pemrograman itu buat apa sih? dulu saya sempat berpikir seperti itu, soalnya dulu sama sekali tidak tau yang semacam itu. Setelah baca-baca sih katanya pemrograman itu bikin yang manual jadi otomatis dan lebih cepat. Sederhanannya sih di masalah ngitung, penjumlahan deh yang paling sederhana. Misalnya kita punya 1 + 1 kan sudah jelas hasilnya 2, dan disini pemrograman seperti ndak guna gitu. Iya memang, pemrograman akan banyak manfaatnya untuk permasalahan yang lebih besar atau rumit. Karena kita masih bahas penjumlahan, yasudah penjumlahan dulu saja. Kalo kita ditanya  1 + 1 bisa menyelesaikan dengan cepat bagaimana dengan 11363689653 + 8463824832684? Tentu saja butuh waktu menghitung angka-angka itu. Nah, itu dia gunannya program. Dalam program, 1 + 1 dan 11363689653 + 8463824832684 lama penyelesainnya sama. Jadi akan sangat berguna dalam perhitungan besar. Ya paling tidak itu salah satu alasan paling sederhana mengapa kita perlu belajar pemrograman.  
Bicara pemrograman, banyak sekali yang dibahas, tapi yang umum ya memang bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman itu secara kasarannya adalah cara komunikasi antara programmer dengan mesin, khususnya processor. Dengan bahasa pemrograman itu sang programmer bisa memberi perintah kepada mesin tertentu untuk melakukan sesuatu. Bahasa pemrograman pun banyak sekali macamnya, capek juga kalo dibahas semua, hehe. Yaa bahas yang umum saja lah, C-Family. Setau saya sih itu yang sering sekali dipelajari. Apa lagi C-Family itu? - -"
C-Family, kelompok bahasa pemrograman yang umum digunakan yaitu C, C++, dan C#. Ketiga bahasa ini hampir sama, hanya ada sedikit perbedaaan di library dan struktur.

Kali ini mungkin dibahas saja dulu sedikit tentang bahasa pemrograman C dan istilah umum yang digunakan disitu. "Bahasa C adalah bahasa pemrograman tingkat menengah yang relatif tua" begitu kata buku yang saya baca dulu. Ah, kalo ngomong sejarahnya panjang pasti, ya intinya bahasa C cukup tua dan cukup lama bertahan. Buktinya masih digunakan sampe sekarang. Dalam bahasa C ada beberapa istilah umum yang digunakan. Coba deh kita bahas satu persatu.

  1. Library
    Library adalah file yang harus ditambahkan agar program yang akan dibuat bisa jalan secara tepat. Nah, library itu banyak sekali dan penggunaannya sesuai kebutuhan. Untuk list library lengkap untuk C bisa minta bantuan wikipedia, hehe. Kalo saya dulu yang sering sekali digunakan ya <stdio.h>, <stdlib.h> dan <conio.h>
  2. Tipe Data
    Tipe data bisa diartikan sebagai pengenal variabel, variable akan dibahas di poin berikutnya. Analogi seperti ini, jika kita punya kemasan dari suatu benda, pastinya kemasan itu harus sesuai dalam bentuk dan ukuran benda yang akan dikemas. Nah, kemasan itu variabel, sedangkan bendanya adalah tipe data. Contoh sederhananya, kalo kita mau melakukan penjumlahan kan yang dijumlahkan harus dua-duanya suatu angka, entah desimal, bulat atau tipe lain, yang pasti harus angka. Nah, itulah gunanya tipe data, harus sesuai yang dibutuhkan. Untuk penjelasan lebih lengkap bisa dibaca di wikipedia, hehehe :P
  3. Variabel
    Variabel merupakan suatu cara untuk mengkases suatu tipe data. Variabel ini akaun muncul bersamaan dengan tipe data karena suatu variabel harus bertipe data tertentu. Gunanya variabel ini agar bisa mengkases suatu nilai tertentu. Yaa kurang lebih seperti penjelasan variabel dalam matematika. Variabel menyimpan suatu nilai tertentu.
  4. Konstanta
    Konstanta hampir sama penjelasannya dengan variabel, bedannya konstanta nilainya tetap, sedangkan variabel bisa diubah nilainya.
  5. Fungsi
    Kalo bicara fungsi sebenarnya haru memahami bagian-bagian sebelumnya dulu, karena kalo bicara fungsi pastinya lebih rumit dari sebelumnya. Mungkin akan dibahas di postingan lain(insyaAllah).
    Fungsi umum yang umum digunakan dalam program sederhana ya fungsi menulis, membaca, dan fungsi utama.
    Dalam C, jika kita ingin menulis sesuatu caranya yaitu dengan memanfaatkan fungsi printf yang kita tidak perlu tau isinya, hehe. Misalnya mau menulis "Hello World", caranya printf("Hello World"), kayak headline blog ini, hehehe :P
    Kalo mau baca input ya harus tau tipe data dulu, oleh karena itu harus paham bagian sebelumnya dulu, hehe. Mungkin dibahas di postingan berikutnya saja(insyaAllah).
 Mungkin sekian dulu deh. Semoga tidak malah bingung selelah baca ini, hehe :D

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright (c) 2010 printf("hello world"); and Powered by Blogger.